Trik Memanfaatkan Dapur Minimalis secara Efisien

 

– Tidak sedikit dari kita yang menginginkan dapur yang besar. Alasannya, agar lebih nyaman untuk memasak atau sekedar dapat menikmati hasil masakan bersama keluarga di dapur.

Dalam realitanya, tidak sedikit dari kita yang juga harus puas dengan ukuran dapur yang ada saat ini. Keterbatasan lahan, kemampuan dalam membeli atau membangun rumah, membuat kita harus membuang ego untuk memiliki dapur luas demi mendapatkan bagian lain dalam rumah lebih nyaman.

Sebenarnya, sebesar apapun dapur Anda, barang yang ada di dalamnya relatif sama saja dengan dapur yang berukuran kecil.

Intinya ada dalam perencanaan dan desain. Sebesar apapun dapur Anda, bila salah dalam penataan pun akan terlihat sempit. Demikian pula sebaliknya.

Berikut tips yang dirangkum Kompas.com dari Arsitag.com yang bisa Anda aplikasikan agar dapur terlihat lebih lebar:

1. Manfaatkan tiap sudutnya

Jika Anda mempunyai dapur minimalis, sangatlah penting untuk memanfaatkan tiap sudut yang ada di dapur Anda. Contohnya dengan menggunakan custom furniture.

Rak atau lemari yang didesain khusus membuat Anda dapat memaksimalkan tiap sudut yang ada. Ruangan kecil juga membuat furnitur yang diperlukan tidak terlalu banyak sehingga anggaran yang Anda butuhkan tetap ekonomis.

Gantungan unik berwarna tembaga.Pinterest.com/CoteMaison Gantungan unik berwarna tembaga.

2. Pakailah rak atau gantungan unik

Meletakkan lemari berukuran besar di tembok dapur dapat memakan banyak ruang di dapur kecil Anda. Akan tetapi, Anda tetap dapat memanfaatkan tembok dapur Anda dengan menambahkan rak panjang, gantungan, dan lemari kecil.

Rak ini dapat Anda gunakan untuk menggantung panci, cangkir, dan cup untuk meletakkan pisau atau peralatan lainnya.

Penggunaan papan tulis hitam di tembok juga dapat membantu Anda untuk menulis berbagai daftar belanja atau catatan lainnya.

Dapur dan ruang makan Na Residence karya Alvin Tjitrowirjo.Arsitag.com Dapur dan ruang makan Na Residence karya Alvin Tjitrowirjo.

3. Gunakan furnitur secukupnya

Furnitur dengan desain yang berlebihan dan tidak pas dengan ruangan akan membuat dapur berukuran kecil terlihat semakin penuh.

Sebaliknya, penggunaan furnitur dengan desain sederhana dan minimalis dapat membuat dapur Anda terlihat lebih luas dan memberikan pencahayaan yang maksimal.

Dapur Capital Residence karya Envirotec.Arsitag.com Dapur Capital Residence karya Envirotec.

4. Pilih detail tempat penyimpanan yang efisien

Ada banyak pilihan detail ruangan yang dapat Anda tambahkan untuk dapur baru Anda.

Anda dapat memulai dengan menambahkan tempat penyimpanan bumbu dapur, laci untuk menyimpan pisau, atau bahkan meja pemotong bahan-bahan masakan yang dapat dimasukkan ke dalam lemari.

Dapur 51 SQM House karya Sontang SiregarArsitag.com Dapur 51 SQM House karya Sontang Siregar

5. Gunakan furnitur multifungsi

Furnitur multifungsi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dapur kecil Anda. Lemari panjang dengan oven, tempat pencuci piring dan kompor di atasnya dapat menjadi pilihan furnitur yang elegan.

Dapur dengan atap kacaPinterest.com/ThomasMurphy Dapur dengan atap kaca

6. Gunakan skylight

Kali ini, Anda perlu sedikit renovasi. Bila memiliki rumah satu lantai, maka Anda dapat meninggikan atap dapur untuk menambah pencahayaan serta udara pada dapur.

Atap yang tinggi dengan tambahan jendela akan memaksimalkan cahaya matahari yang keluar masuk, dibandingkan jendela vertikal.

Atap tinggi juga akan membuat dinding dapur menjadi lebih tinggi dan dapat dimanfaatkan dengan menaruh lemari yang dapat menjangkau langit-langit dapur Anda.

Interior Rumah Contoh Cluster Leora karya Dimas Prasetya PutraArsitag.com Interior Rumah Contoh Cluster Leora karya Dimas Prasetya Putra

7. Manfaatkan dinding dapur dengan maksimal

Luas dari dinding di dapur berukuran kecil biasanya akan sama dengan luas dinding di dapur berukuran besar.

Manfaatkan dinding dapur Anda dengan menggunakan lemari besar yang
mencapai atap dapur.

Sedikit celah kecil di atas lemari dapat memberikan ruang bernapas yang cukup untuk mencegah ruangan Anda terasa sempit.

Simpan barang-barang dapur yang jarang digunakan di rak paling atas dan gunakan pula laci tanpa handle agar lemari terlihat lebih ramping dan mulus, dan tidak mendominasi ruangan.

Stoy House karya Yanuar PF Arsitag.com Stoy House karya Yanuar PF

8. Pakailah furnitur yang pas dengan ukuran dapur Anda

Untuk dapur berukuran kecil gunakan furnitur yang ramping dan menghemat ruang. Contohnya, buat lemari khusus di atas tembok untuk meletakkan microwave Anda.

Meja dapur portabletravel4corners.us Meja dapur portable

9. Gunakan meja dapur portable mini.

Meja dapur portable mini dengan laci dan papan kayu yang dapat digunakan untuk memotong bahan masakan dapat menjadi sangat berguna untuk dapur Anda.

Tanpa membutuhkan banyak ruangan, meja dapur portable ini dapat menjadi tempat penyimpanan ekstra.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *